Rabu, 19 September 2012

OBJECT ORIENTATED PROGRAMMING (REVIEW)

Pemrograman Berorientasi Objek merupakan salah satu pemrograman yang memisalkan sesuatu dengan kehidupan nyata, selain itu juga dapat diartikan sebagai pemrograman  yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas  atau objek-objek. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.


Class merupakan Kumpulan sifat, ciri, dan perilaku dari suatu object. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.


Object merupakan Instance dari sebuah class. Membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer, objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek. Memanggil class lain dengan menjadikannya objek di suatu kelas (yang dipanggil adalah constructornya).

Method/ Behavior dikenal sebagai fungsi atau prosedur atau merupakan kumpulan perilaku dalam class yang ada. Method merupakan serangkaian statemen / perintah (perintah = baris program) dalam suatu class yang menghandle task tertentu. Method merupakan hal-hal yang bisa dilakukan oleh object dari suatu class.
Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object. Method memiliki peranan antara lain yaitu merubah nilai atribut dari suatu obejct, menerima informasi dari object lain, dan mengirim informasi ke obyek lain untuk melakukan suatu cara object berkomunikasi dengan object lain yaitu dengan menggunakan method.

Attribut/ Variabel merupakan data yang berisi informasi dari suatu class, misalnya dari class Manusia : tinggi badan, warna kulit. Atribut dari sebuah kelas adalah variabel global yang dimiliki sebuah kelas, Atribut dapat memiliki hak akses (modifier) private, public maupun protected. 

Constructor merupakan method khusus yang ada di dalam sebuah class yang memiliki nama sama dengan class tersebut serta tidak mempunyai return type atau return value. Return type adalah mengembalikan suatu nilai ketika memanggil suatu method. Constructor dijalankan pertama kali saat kelas dipanggil atau diinisialisasikan.

Package merupakan suatu kumpulan dari sebuah class. Package merupakan suatu cara pengelompokkan dan pengorganisasian kelas-kelas dan interface yang sekelompok menjadi suatu unit tunggal dalam library.

Import digunakan untuk mengambil class lain dari lokasi berbeda ke dalam suatu class.

Enkapsulasi adalah suatu cara untuk merahasiakan detail informasi dan detail proses sistem dari akses secara langsung yang biasanya menggunakan sebuah method. Fungsinya adalah untuk memastikan bahwa pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek, hanya method dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya.

Abstraksi merupakan suatu kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Proses, fungsi atau method dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan. Abstraksi bertujuan untuk lebih memfokuskan kepada suatu masalah dengan membangun sebuah kerangka dasar dari suatu object.

Polimorfisme merupakan kemampuan sebuah objek untuk membolehkan mengambil beberapa bentuk yang berbeda. Polimorfisme bersifat poly morphy (memiliki banyak bentuk). Method-method overloading masih dalam kelas yang sama.

Interface merupakan class yang berisi method-method kosong yang bisa dimanfaatkan dengan cara diimplements.

Overriding merupakan kemampuan suatu subkelas untuk memodifikasi attribut dan method milik super kelasnya. Overriding terjadi  jika di sub class menuliskan method yang sama nama dan parameternya dengan method yang ada di super class.

Overloading merupakan Penggunaan satu nama untuk beberapa method yang berbeda dengan parameter berbeda. Overloading mendefinisikan method dalam dua atau lebih pada kelas yang sama, dengan nama yang sama, namun dengan deklarasi parameter yang berbeda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar