Pemrograman Berorientasi
Objek merupakan salah satu pemrograman yang
memisalkan sesuatu dengan kehidupan nyata, selain itu juga dapat diartikan sebagai pemrograman yang berorientasikan kepada
objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam
kelas-kelas atau objek-objek. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses
data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Class merupakan Kumpulan sifat, ciri, dan perilaku dari suatu object. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam
pemrograman berorientasi object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat
dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain
permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif)
bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak
menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait
dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program
tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah
program ataupun sebaliknya.
Object merupakan
Instance dari sebuah class.
Membungkus data dan fungsi bersama menjadi
suatu unit dalam sebuah program komputer, objek merupakan
dasar dari modularitas dan struktur dalam
sebuah program komputer berorientasi objek. Memanggil class lain dengan menjadikannya objek di suatu kelas (yang
dipanggil adalah constructornya).
Method/ Behavior dikenal sebagai fungsi atau prosedur atau merupakan kumpulan perilaku dalam class yang ada. Method merupakan serangkaian statemen / perintah (perintah = baris program) dalam suatu class yang menghandle task tertentu. Method merupakan hal-hal yang bisa dilakukan oleh object dari suatu class.
Method
didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object. Method memiliki
peranan antara lain yaitu merubah nilai atribut dari suatu obejct, menerima informasi dari object lain, dan mengirim informasi ke obyek lain untuk melakukan suatu cara object berkomunikasi dengan object lain yaitu dengan menggunakan method.
Attribut/ Variabel merupakan data yang berisi informasi dari suatu class, misalnya dari class Manusia : tinggi badan,
warna kulit. Atribut dari sebuah kelas
adalah variabel global yang dimiliki sebuah kelas, Atribut dapat memiliki hak
akses (modifier) private, public maupun protected.
Constructor merupakan method khusus yang ada di dalam sebuah class yang memiliki nama sama
dengan class tersebut serta
tidak mempunyai return type atau return value. Return type adalah mengembalikan
suatu nilai ketika memanggil suatu method. Constructor dijalankan pertama kali saat kelas dipanggil atau diinisialisasikan.
Package merupakan
suatu kumpulan dari sebuah class. Package merupakan suatu cara pengelompokkan
dan pengorganisasian kelas-kelas dan interface yang sekelompok menjadi suatu
unit tunggal dalam library.
Import digunakan untuk
mengambil class lain
dari lokasi berbeda ke dalam suatu class.
Enkapsulasi adalah suatu cara untuk merahasiakan detail informasi dan
detail proses sistem dari akses secara langsung yang biasanya menggunakan
sebuah method. Fungsinya
adalah untuk memastikan bahwa pengguna
sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek, hanya method
dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya.
Abstraksi merupakan
suatu kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses
olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Proses, fungsi atau method
dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan
sebuah pengabstrakan. Abstraksi bertujuan untuk lebih memfokuskan kepada
suatu masalah dengan membangun sebuah kerangka dasar dari suatu object.
Polimorfisme merupakan kemampuan sebuah objek untuk membolehkan mengambil
beberapa bentuk yang berbeda. Polimorfisme bersifat
poly morphy (memiliki banyak bentuk). Method-method overloading masih dalam
kelas yang sama.
Interface merupakan
class yang berisi method-method kosong yang bisa dimanfaatkan dengan cara
diimplements.
Overriding merupakan kemampuan suatu subkelas
untuk memodifikasi attribut dan method milik super kelasnya. Overriding terjadi jika di sub
class menuliskan method yang sama nama dan parameternya dengan
method yang ada di super class.
Overloading merupakan Penggunaan satu nama untuk beberapa method yang
berbeda dengan parameter berbeda. Overloading mendefinisikan method dalam dua atau lebih pada kelas yang sama, dengan
nama yang sama, namun dengan deklarasi parameter yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar